Menata Hati, Menata Kehidupan, dan Memulai Bisnis Diiringi Dengan Riyadhah 40 Hari

Saudara ada yang tahu apa itu Riyadhoh atau Riyadhah 40 hari?

Bagi yang sering mengikuti acara Wisatahati di ANTV biasanya tahu. Itu yang dulu sering di sampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur bagi siapa saja yang ingin melakukan perbaikan diri, menata hati dan kehidupannya kembali.

Pada awalnya saya juga merasa asing. Namun setelah baca beberapa keterangan tentang Riyadhah 40 Hari ini, alhamdulillah jadi lumayan tahu tentang apa dan tujuan dari kegiatan ini.

Jadi begini ceritanya …

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah datang ke Kantor Wisatahati Semarang di Jalan Gergaji Pelem. Niatannya untuk sedekah sama nitip zakat ke PPPA Daarul Quran Semarang.

Waktu itu istri saya pas sedang hamil (berarti sudah setahun yang lalu, hehe).

Jadi disamping untuk menunaikan zakat dan sedekah, saya ingin sekalian minta doa sama jamaah Wisatahati Semarang supaya kehamilan istri saya lancar, disehatkan ibu dan anaknya, serta mudah proses kelahirannya.

Untuk menuju ke sana nggak susah, cuma memang jalannya agak masuk ke kampung.

Dari ujung perempatan lampu bangjo Jalan Pahlawan yang berdekatan sama Polda Jateng, lurus terus menuju arah Simpang Lima. Lalu tepat di sebelah Gedung Perkantoran Perhutani sebelah kiri jalan, ada jalan kecil menuju Kampung Gergaji.

Masuk aja, lurus sampai ketemu Kantor Wisatahati Semarang.

Disana saya ketemu sama Mbak Ayu, staf Wisatahati yang khusus mengurusi bagian zakat, infak, dan sedekah.

Nah, setelah saya menyerahkan zakat dan sedekah saya, seraya nitip doa ke jamaah Wisatahati lewat Mbak Ayu, saya dikasih oleh-oleh dari Wisatahati. Yakni majalah Wisatahati terbaru, dan beberapa lembaran-lembaran kertas yang isinya doa dan leaflet-leaflet kegiatan Wisatahati.

Kata Mbak Ayu sih memang biasanya para donatur akan diberi oleh-oleh itu ketika nitip zakat, infak, dan sedekahnya di Wisatahati.

Sesampainya dirumah, saya buka itu oleh-olehnya. Kemudian perhatian saya terhenti ke sebuah lembaran kertas berisi rangkaian kegiatan Riyadhah selama 40 hari oleh Ustadz Yusuf Mansur.

Sesiapa yang berjalan menuju Allah, Allah akan berlari menuju dia. Siapa yang berlari menuju Allah, maka Allah akan melompat kepadanya.

Apa Itu Riyadhah 40 Hari?

Pada dasarnya Riyadhah adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk melatih diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam hal ini kita kaitkan dengan perbaikan diri melalui perbaikan ibadah.

Lalu kenapa harus 40 hari?

Saya pernah baca-baca buku NLP, berdasarkan sebuah penelitian di bidang psikologi, otak bawah sadar manusia akan membentuk memori suatu kebiasaan/ habit dalam masa 40 hari.

Jadi semisal ingin merubah kebiasaan, katakanlah kebiasaan bangun siang menjadi bangun pagi jam 5, maka lakukanlah latihan pembiasaan bangun pagi setidaknya selama 40 hari. Maka kebiasaan bangun pagi itu akan lebih mudah untuk diteruskan. Karena kebiasaan ini menyangkut otak bawah sadar kita.

Nah, di lembaran kegiatan Riyadhah 40 hari itu dituliskan apa saja amalan-amalannya. Berikut rinciannya:

  • Jaga Shalat Tahajjud 8 Rakaat + Witir 3 Rakaat.
  • Jaga Shalat Shubuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. (Khusus soal shalat, terkandung di dalamnya menjaga berjamaah, di masjid, lengkap dengan qabliyah dan ba’diyahnya. Juga Sunnah Tahiyyatul Masjid, sebagai tanda kita datang sebelum waktunya adzan).
  • Jaga baca Surat Al Waaqi’ah sesudah shubuh atau sesudah ashar (boleh pilih).
  • Jaga Shalat Dhuha 6 Rakaat. Yang kuat, 12 rakaat.
  • Baca zikir usai shalat, plus bacaan Yaa Fattaah Yaa Rozzaaq 11x, plus ayat kursi, plus Surat Al Ikhlas 3x. Ini setiap usai shalat.
  • Khusus usai Shalat Subuh dan Ashar, ditambah 4 ayat terakhir Surah Al Hasyr.
  • Jaga setiap hari membaca 300x Laa hawla walaa quwwata illaa billaah. Boleh 100x. Dan boleh dibagi-bagi di 5 waktu shalat.
  • Jaga setiap hari baca Istighfar 100x.
  • Jaga setiap hari baca Subhaanallaahi wabihamdihi subhaanallaahil ‘adzhim 100x pagi dan 100x sore. (Boleh habis dhuha dan habis ashar/ jelang maghrib).
  • Jaga setiap hari baca Surat Yaasiin (bebas waktunya kapan saja, yang penting 1 hari 1x).
  • Tutup malam dengan shalat sunnah 2 rakaat; baca Qulyaa (Al Kafirun) di rakaat pertama, Qulhu (Al Ikhlas) di rakaat kedua. Setelahnya baca salah satu dari As Sajdah, Tabaarok, atau Ar Rohmaan.

Ustadz Yusuf Mansur juga berpesan:

Jaga ini selama 40 hari. Berjuang ya. Terutama shalat tepat waktu, di masjid, plus qabliyah ba’diyahnya. Barengi dengan Puasa Daud supaya enteng.

Semoga Allah menyegarkan badan kita semua, menyehatkan kita semua. Yah, dihitung-hitung daripada lembur ga keruan, kerja rodi ga keruan dlm mencari rizki, dan daripada berobat ke rumah sakit. Mending ngelakuin riyadhah dah. Ampuh banget-banget. Kepada Allah dan untuk Allah kita lurusin niat kita ya. Amin.

(sumber aslinya bisa di baca situs Wisatahati)

Nah, begitulah kira-kira.

Bagi saudara-saudara yang ingin memulai usaha, atau ingin bisnisnya lebih lancar, dagangan laris, menghapus dosa-dosa, plus membaik kehidupannya, mari kita iringi dengan Riyadhah, bersama-sama melakukan penggemblengan diri selama 40 hari.

Kalau dilakukan sendiri mungkin terasa berat. Namun kalau dilakukan bareng-bareng, insya Allah akan terasa lebih ringan.

Yah, sebenernya sih tidak harus 40 hari, lebih juga nggak apa-apa, kurang juga nggak masalah.

Namun menurut saya, sejauh apa Anda ingin sukses, setinggi apa Anda ingin meraih cita-cita, maka sebesar itulah action yang harus saudara lakukan dan effort yang harus Anda keluarkan.

Toh kita melakukan ini juga untuk diri kita sendiri. Karena Allah itu tidak butuh kita, tapi kita lah yang butuh sama Allah.

Saya doakan bagi saudara-saudara yang ingin Riyadhah 40 hari, semoga dimudahkan dan diberikan kesehatan lahir batin.

Dan jika saudara ada yang pengen riyadhah bareng-bareng, mari kita calling-calling’an. Kita bikin komunitas Riyadhoh online, plus ngaji One Day One Juz… :)

Kalo punya facebook, bisa join di grup ini: http://www.facebook.com/groups/riyadhah40hari.

Mari saling support, supaya otak bawah sadar kita terbentuk dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dengan tujuan perbaikan diri di segala lini, terutama hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama, dan dalam hal mencari rejeki. Aamiin..

Barangkali ada yang ingin bertukar pengalaman spiritual dan pernah Riyadhah 40 hari, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Saya sangat ingin mendengarnya.

Dan jika saudara merasa artikel tentang Riyadhah 40 Hari ini bermanfaat, silahkan sebarkan ke teman, saudara, keluarga, ataupun siapa saja.

Silahkan klik dan tweet postingan ini.

Semoga Allah merahmati langkah-langkah kita semua. Aamiin..

Bincang-bincang

  1. Emha ainun Najib berkata:

    Terima kasih mas , ini sangat bermanfaat bagi saya, semoga kami semua bisa melakukan hal yang lebih baik lagi seperti itu. amin

  2. eros berkata:

    ass..wr…wb..
    saya ingin informasi dari bapak, bagaimana hasil bapak setelah melakukan riyadloh 40 hari. bagaimana perubahannya baik spiritual, mental, maupun financial? mudah2han bermanfaat. sebelumnya terima kasih. saya juga ingin melakukannya, tapi belum kelaksana.

    • berkata:

      Waalaikumsalam Wr Wb.. Alhamdulillah, saya baru bisa melaksanakan sekitar 3 hari. Ini juga sembari memperkuat hati, supaya bisa istiqomah. Soal hasil, alhamdulillah secara mental rasanya memang lebih tenang. Ayok pak, dicoba.. :)

      1 hari, 3 hari, 7 hari dulu juga ngga pa pa. Yang penting sebenarnya tumbuhnya kemauan untuk perbaikan diri menuju ridhonya Allah.

      Semangat ya Pak..

  3. hamba Allah berkata:

    iya mas insya Allah tambah sukses yah setelah menjalani…..mudah2an kita diberikan hidayah dan perbaikan di dunia dan akhirat sama Allah swt…..amin

    • berkata:

      Aamiin… Ayok, sama-sama mas.. Yang lebih penting menurut saya sebenarnya adalah tumbuhnya kemauan untuk perbaikan diri menuju ridhonya Allah..

  4. Didik pudjianto berkata:

    keren banget motivasix,,semoga saja juga bisa menjalaninya ,,,bismilliah

  5. Hari S Wibowo berkata:

    Insyaallah nanti aku bagi pengalamannya Mas baru jalan kemarin mudah-2 Allah meridloi dan melindungi apa yg sedang dikerjakan La hawla walaa quwwata illaa billaah.

    • berkata:

      Alhamdulillah Mas Hari.. Moga bisa istiqomah.. Saya juga sedang mengusahakan riyadhah ini. Mari saling ingat-mengingatkan dalam kebaikan..

  6. Hari S Wibowo berkata:

    Assalamuallaikum Mas… alhamdulillah sudah satu minggu sy jalani dan yg skr dirasakan…Subahanallah… hati ini sdh “jatuh cinta” dengan musholla/masjid dimanapun sy berada berkat tuntunan bimbingan Allah SWT dan bisa merasakan “kesedihan” mushola/masjid bila jamaahnya kosong krn disanalah bathin kita bisa bermunajat lebih intens kpd Allah dan Allah setiap saat sedang menunggu umatNya untuk meminta apapun kepadaNya…tolong kita saling mendoakan agar istiqomah pada “Tahu cara jalan pulang menuju ridlo’Nya” dan point ke 2 ttg penglaman sedekah yg saya alami ternyata bila Allah berkehendak ternyata kita tidak perlu mencari utk bersedekah dimana tp amal utk bersedekah yg mendatangi saya disini hrs mempunyai sikap pemikiran positip thd apa yg ada didepan mata kita Mas… Wassalamualaikum.

    • Abdul Aziz Akhmaddireja berkata:

      Alhamdulillah, saya merasakan hal yang sama mas. Begitu merasa malu (kurang bersyukur) kepada Allah saat tidak solat berjamaah di mesjid/mushola. Saya juga ingin mengajak agar kita doakan semua muslim dan muslimah di Indonesia agar mendapatkan petunjuk dan rahmat-Nya. Saya merasakan ketika lingkungan mendukung, kita akan lebih nikmat beribadahnya. Salam, Aziz dari Bogor

  7. C@5tip@n berkata:

    Assalamuallaikum mas Har I’have done road on this riyadhoh and my feel is… that’s not enough time to fill the task of Riyadhoh caused when going to closed to Allah there’s like an heart journey to know so pls share your exp with this journey to other people

  8. john salbut berkata:

    sblumnya makasih atas inpirasinya, tp apakah bleh dilakukan diamalkan oleh siapa pak, walau tampa ijazah

  9. fitri berkata:

    Assalamu’alaikum… Terimakasih y pak tuk share infonya sangat bermanfaat bwt sy… Yg agak berat istiqomah dhuhanya krn bekerja dan atmosfir di4 kerja agak gimana gitu klo ada yg shalat dhuha… Gimana cr mengatasinya ? Oya pak maksud tutup malam dgn shalat sunnah 2 rakaat itu shalat ap y pak ? Qtkan dah witir… Mohon infonya… Terimakasih… Wassalamu’alaikum Warohmatulloh…

    • berkata:

      Waalaikumsalam Wr Wb.. Sama-sama mbak, semoga manfaat. Untuk awal-awal ngga usah mikir istiqomah dulu, yang penting lakukan saja. Kalo kata teman dan sekaligus guru saya, benahi dulu yang wajib (sholat wajib), baru kemudian sunnahnya. Terus sering-sering berkumpul dengan orang-orang yang memang bisa mendukung upaya perbaikan atau riyadhoh kita.. Just make it simple.. Otree..

  10. yani berkata:

    saya sebenernya ga tau itu kata-kata riyadoh, tapi kalo orang tua saya bilang puasa, shalat, zakat, sedekah yg rajin….aku berusaha lakukan. alhamdulilah. eh ternyata itu bagian riyadoh

    • berkata:

      Iya mbak, sebenarnya puasa, sholat, zakat, dan sedekah itu juga upaya-upaya riyadhah atau perbaikan diri. Jadi sami mawon.. :)

  11. berkata:

    Alhamdulillaah… terima kasih mas, untuk postingan yang bermanfaat ini. Insya Allah…saya juga mengazamkan diri untuk melakukannya, semoga bisa saling mendoakan untuk tersampaikannya berkah dariNya.. aamiin…

    • berkata:

      Sama-sama mas’e.. Moga-moga bisa saling ingat-mengingatkan dan mendoakan dalam kebaikan. Yang penting lakukan saja. Soal hasil kalo belum bisa melakukan semua, sedikit demi sedikit dulu. Nanti lama-lama insyaallah bisa istiqomah sendiri. Seraya mohon ke Allah supaya dikuatkan dan dimudahkan dalam perbaikan diri..

  12. Dewi berkata:

    Alhamdulillah, saya juga sedang berusaha melakukan riyadhoh 40 hari, walaupun saya sebelum2nya sdh mencoba, tapi setelah beberapa hari, gagal.. dan alhamdulillah setelah saya membulatkan tekad dan berniat melakukannya untuk memperbaiki diri, setelah 3 hari menjalankan riyadhoh, alhamdulillah saya mendapat kenaikan posisi kerja, sungguh suatu hal yg tdk saya sangka2 :)

    • berkata:

      Alhamdulillah mbak, saya ikut senang mendengarnya. Semoga bisa turut memotivasi diri saya pribadi, dan rekan-rekan yang lain tentunya.

      Saling mendoakan ya mbak, semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan untuk tetap istiqomah. Aamiin.. :)

  13. berkata:

    Saya beberapa kali gagal.. :(

    Baru Sholat jama’ah di Mesjid yang InsyaAllah sudah terbentuk. Sekalinya gak sholat di mesjid serasa ada yang kurang.

    Dhuha, Tahajud, dan amalan lain masih angin-anginan. Tapi betul, ketika 1 minggu pertama saja, rasanya sudah wah wah..hidup jadi enteng, semua masalah terasa ringan, dan semangat selalu stabil, dan ada saja rezeki tak terduga.

    InsyaAllah, semoga senantiasa diberikan kekuatan untuk terus belajar, berdoa, dan berusaha.. Aamiin..

    • berkata:

      Tetap semangat mas. Sampean ngga sendirian kok. Yang penting ada niat, usaha, dan kemauan untuk perbaikan diri. Sering-sering berkumpul dengan orang-orang yang sevibrasi, supaya bisa saling support, insyaallah bisa menumbuhkan semangat.

      Saling mendoakan yaa, semoga kita senantiasa diberi kemudahan untuk berdekatan sama Allah. Aamiin..

  14. ali hasyim berkata:

    Assalamu’alaikum mas mau share nich about riyadoh aq udh ngelakuin riyadoh ± 37 hr aq jg punya usaha alhmdulillah ujiannya tmb brt bgt g sprti sblm aq melakukan riyadoh tp alhamdulillah msh diberi kesbaran lbh ama ALLAH g sprti biasanya sblm aq berriyadoh emosiku meledak2 klo udh ada yg? nagih utang kebetulan aq lg terjerat hutang KPR n lainnya tp skrg saya lebih tegar dan berserah diri sama ALLAH meskipun udh tggu itung hr rmh mau diekseskusi bank mhn doanya smua mdh bs lepas dr kesulitan ini ya allahuakbar. Wassalamualaikum

    • berkata:

      Waalaikumsalam wr wb.. Wah, salut sama usaha untuk riyadhoh nya pak, subhanallah. Bisa sampai 37 hari itu sesuatu..

      Boleh dibagi tips-tipsnya pak? Barangkali nanti ada juga rekan-rekan lain yang ikut terinspirasi dan terbantu dengan tipsnya bapak.

      Saya doakan juga semoga urusan hutang KPR dan lain sebagainya bisa segera tuntas, dan diberikan kemudahan-kemudahan lain oleh Allah. Aamiin..

      • ali hasyim berkata:

        Mau share lg nich tetap kuatkan iman dan tambh level sabarnya smua yg qta harapkan blm tentu tercapai di riyadhoh di hr ke 40 bahkan ada yg g qta harapkan malah dikabulkan oleh Allah secara tidak qta sadari tetap terus berharap sama Allah sesungguhnya Allah adalah dzat yg maha segala dan maha pengabul janji.

  15. ali hasyim berkata:

    Mau share lg nich tetap kuatkan iman dan tambh level sabarnya smua yg qta harapkan blm tentu tercapai di riyadhoh di hr ke 40 bahkan ada yg g qta harapkan malah dikabulkan oleh Allah secara tidak qta sadari tetap terus berharap sama Allah sesungguhnya Allah adalah dzat yg maha segala dan maha pengabul janji.

  16. berkata:

    makasih mas…alhamdulilah saya dapatkan bisnis yang saya rintis ini juga dengan riadoh,,,tp awal pembukaan cab baru d klipang semrng tahun 2013 ni,,terasa seret mas…. semoga ini memang tuntunan untuk riyadoh,,,,

    minta doanya juga y mas…bisnis saya bimbingan belajar

    • berkata:

      Nah, kalau yang ini saya juga masih mikir mas, gimana sholat malamnya ya?? Oke mas, coba nanti saya tanyakan sama ustadz yang lebih paham ilmunya. Btw, makasih udah comment.. :)

  17. berkata:

    Kalo yang cewek gimana maz?? kan kena halangan juga ga bisa full 40 hari dong,, bisa kepotong di tengah jalan

  18. berkata:

    Alhamdulillah saya baru mau melaksanakannya, riyadhah semoga usaha saya ini lancar membawa berkah serta diterima ALLAH SWT ,

  19. Mama Asih berkata:

    Assalamualaikum wr. wb…
    mas saya mau tanya… saya pengin banget riyadhoh 40 hari ini udah bulet banget tekadnya,,, tapi saya terhalang 2 hal… pertama sholat jamaah di masjid, saya perempuan, ibu lagi dari seorang putri yang masih kecil … kadang putri saya sering rewel kalo ditinggal sholat,,, sholat dirumah saja terkadang dia nangis,,,, tolong ya dibantu doanya biar anak saya bisa diajak kerjasama…. yang kedua… kalo mw sholat subuh anak saya masih merengek minta dikelonin sama minum ASI… padahal saya kadang udah ngebet pengen sholat subuh tepat waktu… tolong didoakan nggeh supaya anak saya bisa di ajak prehatin… aamiin… dan tolong diberi saran

    • berkata:

      Waalaikumsalam wr wb.. Wah, semangat banget Mama Asih. Salut lah..!

      Kalo soal sholat jamaah di masjid, bagi muslimah ngga wajib mbak. Namun tetap utamakan sholat di awal waktu.
      Semisal punya banyak aktivitas, memang kadang kita seperti jadi terhalang untuk ibadah. Namun pengalaman saya, kalau kita tetap mendahulukan aktivitas-aktivitas tersebut, biasanya nggak ada habisnya. Dan sebenarnya kita sendiri sudah tahu prioritas-prioritas mana yang sebaiknya didahulukan, karena pastinya kita punya kebijaksanaan pribadi mana yang urgent dan mana yang bisa ditunda, termasuk memberikan ASI pada anak dan lain sebagainya.

      Mungkin bisa diarahkan mindset kita, bahwa aktivitas-aktivitas yang banyak tersebut merupakan motivasi kita supaya kita bisa bersegera sholat di awal waktu. Ketika hati sudah klik, insya Allah nanti aktivitas yang lain seolah-olah akan di pending oleh Allah. Sehingga bisa jadi yang tadinya anak nangis minta susu, tiba-tiba jadi diam tertidur lagi. Yang tadinya mau ngangkat jemuran karena mau hujan, tiba-tiba hujannya ditunda sama Allah sehingga kita bisa ibadah dulu. Dsb dsb…

      Dari saya mungkin itu mbak. Semoga niatan perbaikan diri akan selalu tumbuh di dalam diri kita semua. Aamiin..

      • Mama Asih berkata:

        makasih nggeh mas… semoga riyadhoh saya diberi kemudahan… ini kebetulan juga mau bareng2 sama mbahe kakung aurora… jadi bisa saling ngingetin… kebetulan kami sekeluarga pengen memperbaiki diri… semoga Alloh meridhoi semua jalan ini aamiin….

  20. ika berkata:

    Assalamualaikum wrwb…,
    Makasih pak sudah share ttg riyadho, cuma kalo ibu ibu nih ada masa libur dr Allah mungkin gak sih bisa disanbung riyadohnya.
    dan mohon doa dari teman di blog ini agar suami saya juga mau melakukan riyadoh ini, mohon doanya ya bapak2 ibu2 terimakasih

    wassalamualaikum

    • berkata:

      Waalaikumsalam wr wb.. Sama-sama bu, moga bisa manfaat. Riyadhah adalah rangkaian kegiatan atau pembiasaan. Jadi menurut saya ngga masalah tetap dilanjutkan. Kecuali memang seperti sholat, puasa, dll ya memang tidak bisa dilakukan ketika sedang berhalangan.

      Turut mendoakan juga, semoga ibu sekeluarga senantiasa mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT. Dan semoga suami juga mendukung apa yang sedang ibu lakukan. Insya Allah, aamiin..

  21. Rara berkata:

    Alhamdullilah saya sudah dari bulan April, melakukan Sholat Tahajud tapi tdk 8 rakaat, seringnya 2 rakaat n 1 witir,sholat Dhuha tiap hari 8 rakaat, sholat wajib tp ada yg tdk tepat waktu,zikir hari ini mulai puasa,semua rutin tiap hari kecuali pas halangan wanita dan bulan kemarin melakukan sedekah,harapannya diterima Allah SWT…niat habis gajian,sedekah yang banyak, Puasa Daud, Dhuha n Tahajudd tetap bisa rutin…semoga istiqomah dan diterima Allah n bisa khusyuk dg semua kesulitan , kesedihan ,musibah ,air mata bisa berlalu….Aamiin

  22. zamhari berkata:

    terimakasih infonya semoga saya berhasil menjalan riyadhah seperti itu dan tentunya supaya kita bisa lebih dekat kepada allah. mohon do’anya mas-mas yang ada di blog ini semoga allah mengabulkan do’a saya. saya ingin menjadi seorang pengusaha sukses, baik, dermawan, dan tidak sombong. semoga allah mengabulkan do’a saya, karena saya ingin sekali memberangkatkan ayah, ibu, dan bibi saya ke baitullah untuk melaksanakan ibadah haji di masjidil haram, semoga cepat tercapai amien.

  23. Eka berkata:

    Trimaksih banyak sama informasinya…
    saya jadi lega…
    sejak saya menikah 5 tahun lalu.. saya selalu dilanda masalah…
    terutama finansial…
    ya untunglah saya mesti yakin pada Allah.. meskipun kehidupan masih seperti biasanya…
    tpi saya merasa lebih nyaman jika selalu ingat pada Allah..
    saya baru tahu Riyadhah 40 Hari
    mudah mudahan saya bisa menjlankan secara istiqomah..
    mohon dukungannya

  24. Rara berkata:

    Alhamdullilah, ternyata ibadah saya tersebut mungkin sekarang ini menuju pemecahan masalah…Alhamdullilah orang tua (sholat wajib selalu ontime) saya tidak putus sholat Dhuha (ibu) Tahajudd kurang rutin kalau Bapak saya rutin Tahajudd, rupanya ibu saya merasakan masalah dan penderitaan yang saya alami, meskipun saya tidak berceritasetiap sholat Tahajudd pun kadang mengalami mimpi, sampai membawa ibu saya sampai kepada seorang Kyai (Ustadz dan mempunyai pondok pesantren) beliau meminta kepada ibu saya membacakan surat A Baqoroh , beliau membaca hampir 3 jam dn tidak menceritakan selama bertemu Kyai tersebut , ibu diantar (sahabat)tetangga yang sudah seperti saudara. Sekarang yang saya rasakan dan ibu rasakan keadaan sudah sangat jauh berbeda, ibu merasakan saya tidak lagi murung, sampai saat ini saya dan ibu tetap berjuang di jalan Allah hanya berdoa berdoa dan berdoa dan memasrahkan semua kepada yang di Atas (Allah SWT) saya yakin saya akan enemukan kembali kebahagiaan setelah sebelumnya saya benar2 down dan seperti mayat hidup….saya sekarang optimis dan yakin pertolongan Allah akan datang

  25. Rara berkata:

    Mohon teman2 mendoakan saya……agar saya lebih2 dalam beribadah , dan kesulitan yang mungkin tidak lepas dari kesalahan saya sebagai manusia biasa, bisa berlalu..saya cuma berharap Ibu dan Bapak saya juga bisa ikut berbahagia di hari tuanya, …..(orang tua saya dan ibu benar2 orang tua yang luar biasa semoga beliau disayang Allah) semoga doa saya dan orang tua dikabulkan Allah SWT..Aamiin.

  26. Rara berkata:

    Sholat Khusuk + Tahajud + Dhuha saja memberikan ketenangan jiwa, apalagi Riyadhah….(benar 2 merasakan)…

  27. saiful huda jepara berkata:

    Alhamdullilah saya telah menemukan kawan untuk sama2 memotivasi untuk hidup lebih baik dg jln selalu dekat dengan allah untuk mencapai sukses. Mohon doa agar saya dapat segera laksanakan riyadhah 40 hari. Sukron khoiron katsiron.

  28. MuftiM13 berkata:

    Terimakasih ya mas atas infonya, Saya izin copy yah.Oiyah, kalau untuk tabelnya ada ga ya mas ? Terimkasih

  29. rafael berkata:

    alhamdulillah sy bs bca artikel ini,mksh y ms ats infony,mudah2an in menjadi motifasi untuk sy dlm memperbaiki hdup,krn 1 thun trakhir in sungguh trasa berat bagi sy,bnyak skali mslh yg sllu dtang,,mohon doany agr smua mslh in bs sy lwati,mudah2an qt semua sllu dlm prlindungany..amiiin..

  30. ekak berkata:

    mas doa nya itu habis sholat di masjid langsung/ boleh dzikir dirumah, coz klau dimasjid kan agak lama, nt dkirinya saya sok alim oleh jamaah lain, thanxs

  31. berkata:

    saya termotifasi dengan anda mas Aunurrofik . Alhamdulillah saya sudah memiasakan diri untuk tahajud dan dhuha, saya ingin sukses lewat Allah, doakan saya supaya lebih rajin lagi.

  32. agung berkata:

    ada baiknya kita bertaubat dahulu ya, kita cek pelanggaran 10 dosa besar kita, sebagaimana yang di ajarkan ustad YM

    • berkata:

      Betul sekali mas.. Karena bagaimana pun juga, inti dari perbaikan yang hendak kita lakukan adalah untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan, seraya mencoba untuk melangkah dengan niat yang lebih baik supaya menjadi manusia yang lebih bermanfaat bagi sesama untuk mencapai derajat takwa di sisi Allah..

  33. aridewo berkata:

    Assalamualaiakum, alhamdulilah banyak sekali tanggapan positif tentang tata laku ini, bangsa tidak akan hancur selama masyarakat nya gemar mendekatkan diri pada Allah, dan terus bersholawat. Rahayu rahayu rahayu.

Beri tanggapan →